Kamis, 26 Desember 2013

Tutorial Windows Phone : Membuat Aplikasi “Hello World” di Windows Phone 7.1.1

Aplikasi “Hello world” sudah seperti menjadi suatu kewajiban ketika kita mempelajari lingkungan bahasa pemrograman baru. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini aku juga memulai belajar Windows Phone development dengan membuat aplikasi “Hello World”. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat aplikasi “Hello World”.

Buat project baru dengan cara klik  File -> New Project,  maka akan ditampikan window New Project seperti berikut :




Pilih Visual C# -> Silver Light For Windows Phone, kemudian beri nama aplikasi misalnya “HelloApp”. Klik tombol OK maka Anda akan disajikan dengan window seperti berikut ini :




Selanjutnya, tambahkan TextBook dan Button pada ruang kosong hitam di atas dari ToolBox yang ada pada samping kiri, sehingga tampilannya menjadi seperti berikut:



Okey… saatnya kita mulai koding di Windows Phone 7 ini. cieee..
Double Click Button, maka Anda akan disajikan dengan halaman  tempat kita menulis kode program, dan kursor otomatis akan menempatan pada blok action ketika Button di klik. Untuk membuat Aplikasi Hello World ini kita cuma menambahkan 1 baris program pendek saja. Oke ketikkan baris program (yang di blok aja) seperti berikut:



Okey.. sekarang kita jalankan aplikasinya dengan memilih menu Debug -> Start Debugging atau tekan F5. Jika tidak ada masalah dan berjalan normal maka hasilnya akan seperti berikut :
Taraaaaaa… :D:)




Sekian pelajaran utk kesempatan kali ini. Sampai jumpa di tulisan2ku berikutnya. Thanks

Kopas dari Mbah Google.com

0 komentar:

Posting Komentar