Sabtu, 05 Oktober 2013

Pertemuan Ketiga Matkul Windows Phone | 4 Oktober 2013



Tgl 4 Oktober 2013
Jum’at Jam 13.30

Di mulai dengan Do’a yang tulus dan sebuah harapan,….
:)
Dilanjutkan dengan absensi, hari ini bapak bertanya kepada kami “Apa kata-kata inspirasi kamu atau kata-kata mutiara kamu??”…tibalah di giliran saya “ Sebaik -  baik Manusia adalah yang paling baik akhlaknya”, kata2 ini adalah salah satu kata kesukaan saya Karena sebaik-baik manusia, sepintar dan secerdas apapun kalo ngak ada akhlak tu NOL besar, ngak ada artinya hidup ini…hehhehehe dan begitu juga kalo kita tidak bisa menghargai orang lain ya podo wae…
#hmm kok jadi curhat ne…
:)
Kembali ke Perkuliahan. Di hari kedua saya masih rajin ngejalanin rutinitas pembelajaran Windows phone dan Alhamdullilah di pertemuan ke tiga saya jadi lebih rajin lagi dalam belajar,karena bisa lebih mengerti,dan memahami walupun kepala dah agak - agak puyeng dan mata merasakan lelah yang sangat ketika di depan laptop. gak tw ne, seperti nya ada tanda - tanda saya akan pakai kaca mata, :( soal na ngak bisa lama - lama di depan laptop matanya sakit dan kepala juga ikut-ikutan manja.

Praktekpun di mulai, bapak memberikan copyan modul untuk kami pelajari. Awalnya saya males ngerjain yang di video ituu, tapi akhirnya saya penasaran dan langsung mempraktekannya, ada 3 video yang di berikan oleh pak dosen. Di video pertama mempelajari membuat aplikasi, pengenalan IDE visual studio, Designer dan XAML Editor (Drag and Drop) ,Merubah Properties dan event di bagian ini kita menambahkan Button beri name ClikMe dan tambahkan TextBlock, Relasi antara XAML dan C#, Run and Stop Application hmmm masih basic sih. 


Video kedua Managing Project file aplikasi,Menghapus MainPage.xaml,nah waktu materi ini saya agak bigung mengapa data penting ini di hapus, pastikan terjadi eror!,walaupun begitu saya masih melanjutkan peraktek yang ada di video itu,nah dan akhiran nya ada pencerahan,kita di suruh menambahkan item baru, dengan nama MainFirstPage.xaml dan menggubah file di WMAppAanifest yang tadinya defaultnya MainPage.xaml, kita ubah menjadi MainFirstPage.xaml suapaya tidak terjadi eror lagi. Dan ketika di jalankan Alhamdulillah berhasil…. :)

Video ketiga mengenal Windows Phone Emulator,seperti Back,Start,search, Emulator Menu, Maximize, Minimize, Zoom, Mouse sebagai jari, Virtual Keyboard dan Setting. Nah di video tutorial ketiga ini saya baru banyak tahu keggunaan windows phone Emulator.
Salut deh sama pak dosen yang udah ngeluangin waktu untuk buat video tutorialnya, walaupun bapak jarang ngejelasin di depan kami, tapi dengan adanya modul dan tutorial video belajar ini kami bisa memperaktekan dengan baik,
Setelah selesai praktek, selanjutnya bapak memberikan kejelasan tentang ketentuan tugas untuk pembuatan cerita kuliah,

Untuk hari ini sampai disini aja ya ceritanya,,di tunggu aja episode selanjutnya..insya Allah tiap pekannya akan update cerita nya, soalnya cerita kuliah ini adalah salah satu tugas wajib kami untuk memenuhi blog – blog ini….

Ditutup dengan Do’a dan berharap harapan dan impian itu akan tercapai Aamiin….


0 komentar:

Posting Komentar