Sabtu, 05 Oktober 2013

Pekuliahan Mobile _Windows Phone 27 September 2013

Waktu terus berlalu dan tibalah waktu di mana saatnya kami masuk ke lab untuk memulai perkuliahan,tepat jum’at 27 september 2013 jam 13.30. Di lanjutkan membaca do’a ,Permulaan yang baikkan…? :) , saya berharap ilmu yang saya dapat bisa bermanfaat buat saya dan orang lain.

Hmmm senangnya dan tenangnya klo semua dosen tu menginggatkan kami berdo'a terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran hehehe menginggatkan kebiasaan di sekolah dulu.
Hari ini adalah pertemuan kedua di matakuliah windows phone, dan baru pertama kali ne  juga menginstal aplikasi Microsoft Visual Studio 2010 Express for windows phone. Tampilan aplikasinya hampir sama dengan tampilan Visual basic atau visual studio 2010, yang ngebedain tu ada tampilan handphone nya doank dan kalau di lihat-lihat tampilan juga menarik, Cuma laptop saya jadi lelet,aplikasi nya lumayan berat, begitu juga dengan laptop temen2 saya, pada ngeluh, sepertinya  spesifikasi laptop kurang mendukung….

Disamping kesibukan kami, pak dosen seperti biasanya mengabsen satu persatuu dengan pertanyaannya yang khas “apa motto hidup kamu????”…!!!!!!!
Absensipun selesai dan selanjutnya praktek membuat aplikasi Windows Phone ….

Berikut ini adalah hasil perakteknya:

1.      Membuat new project dengan nama PetSounds1
2.      Pilih template > Visual#
3.      Pilih windows phone Application template
4.      Kolom Name diisi dengan ‘PetSounds1’
5.      Jangan lupa kolom Solution Name diisi dengan nama yang sama ‘PetSounds1’.
6.      Ok deh..

Membuat button control :
1.       Tambahkan code berikut ini diantara pembuka dan penutup <Grid> element.

Pada visual designer nya, maka akan tampil seperti berikut ini :
 
 
2. Selanjutnya mengatur height dan width  
 


maka akan tampilan akan seperti berikut ini : 
 
3. Pindahkan posisi button tersebut ke bagian pojok kiri atas dengan warna background Blue
 
Tampilan akan berubah seperti di bawah ini: 


4. Menambahkan MediaElement control 
 
Fungsi dari MediaElement control untuk memutar media 

5. Menambahkan sub folder kedalam project beri nama Assets
 
 5. Menambahkan audio file kedalam project
Menambahkan PetSounds_Assets (suara sesuai keinginan kita). pada Solution Exploer, Selanjutnya untuk menyimpan PetSounds_Assets tersebut adalah pada sub folder Assets.


Ada beberapa file audio yang kita tambahkan, tapi untuk sementara ini hanya menggunakan satu saja. Sekarang tambahkan kode pada media element, sehingga menjadi seperti berikut.


1. Attribute x:Name untuk memanggil element ini pada C#.
2. Menambahkan attribute Source untuk menentukan file audio mana yang akan play.
3. Menambahkan attribute volume untuk menentukan keras suaranya, volume ini range nya antara – 1.
4. Menambahakan attribute AutoPlay menjadi False untuk menentukan bahwa audio tidak akan langsung dijalankan ketika aplikasi dijalankan.

7. Menambahkan event Handler
Pada element <Button>  akan menambahkan attribute Click=””, visual studio akan memeberikan suggestion untuk membuat event handler, lihat gambar.

Setelah muncul seperti itu, kita hanya perlu menekan tombol enter satu kali, sehingga akan menambahkan event handler secara otomatis. Gampang kan… :)

 
Sekarang kita harus menambahkan kode yang akan dieksekusi ketika button tersebut di click. Jadi kita perlu menuju ke method PlayAudioButton_Click1  pada file C#.
Caranya gampang, klik kanan pada text “PlayAudioButton_Click_1”, pilih “Navigate to Event Handler”.

Setelah itu kita akan dibawa ke file MainPage.xaml.cs, dan kursor anda akan berada pada method PlayAudioButton_click_1.

Block tersebut akan dieksekusi ketika button di click. Oleh Karen itu kita perlu menambhakna kode untuk men-trigger media element untuk play audio.


Kita menggakses attribute Name dari media element yang sudah kita deklarasiakan pada file XAML. Kemudian kita memanggil method Play() untuk play audio yang ada pada source, dengan kata lain file Duck.wav.

8. Menjalankan aplikasi
     Selesai deh,, klik tombol play atau F5 untuk menjalankannya,sabar menunggu dan akhirnya jadi deeh project yang saya buat walaupun hanya tombol button untuk memutar suara. Oh yaa di aplikasi ini  kita tidak bisa mendengar suaranya, harus di tes langsung di windows phonenya, baru deh ada suara nya. Dan inilah yang membuat saya tidak bersemangat kudu tes langsung, sedangkan saya tidak memiliki perangkatnya.. :(
Alasan mengapa saya membuat tutorial di atas, agar yang membaca cerita ini bukan hanya baca kata – kata doank, tapi dapet ilmu prakteknya juga. :)Setelah mempraktekan modul yang bapak berikan,kami pun di berikan tugas “cerita kuliah di posting di blog” hmmm dalam fikiran saya boro-boro buat cerita kuliah, blog yang udah ada aja ngak pernah di urusin…hehehhe
etsssss dan akhirnya saya sadar semua ini ada manfaatnya.. :))

Perkuliahan  selesai dan di akhiri dengan do’a.

0 komentar:

Posting Komentar